Minggu, 31 Desember 2017

Bermain Dengan Alias di LINUX

Bermain Dengan Alias di LINUX - Ketika bekerja menggunakan terminal di LINUX pastilah kita akan menemui banyak perintah di dalamnya. Mulai dari perintah untuk melihat daftar file hingga perintah untuk mencari suatu kata seperti "grep". Akan tetapi ada beberapa kasus dimana kita menggunakan atau menulis perintah yang sangat panjang, dan perintah itu sering kita gunakan ketika bekerja dengan terminal. Tentu akan menghemat waktu jika kita dapat membuat shortcut command untuk menggunakan perintah yang panjang tersebut, maka dari itu ada yang namanya "alias".


Sesuai dengan tujuannya, alias adalah fitur yang ada di terminal linux yang bisa digunakan untuk mengubah perintah panjang menjadi perintah pendek atau cara untuk mempercepat menjalankan perintah.
Contoh kasus disini saya sering menggunakan perintah "php artisan" untuk mengakses perintah laravel di terminal LINUX saya, maka dari pada saya terus menjalankan perintah panjang tersebut, saya gunakan "alias" untuk mengubahnya menjadi hanya beberapa huruf saja, misalnya jadi "lc" atau laravel command. Dimana jika saya jalankan perintah "lc" sama saja dengan saya menjalankan perintah "php artisan" namun dengan versi pendeknya / short way.


Membuat Alias

Untuk membuat sebuah alias, di terminal LINUX sudah menyediakan command "alias" untuk mempermudah kita dalam membuat suatu alias. Contoh membuat alias seperti berikut
alias short_command='long_command'
 Maka jika kita menjalankan perintah "short_command" dia akan otomatis mengeksekusi perintah "long_command".

Menghapus Alias

Jika kita dapat membuat alias, maka kita juga dapat menghapus alias yang pernah kita buat. Yakni dengan perintah
unalias short_command
Maka secara otomatis alias berhasil dihapus.

Melihat Alias

Jika kita membuat sebuah alias, dan ingin memastikan apakah benar alias itu sudah berhasil di buat, maka perintah untuk melihat seluruh alias yang telah di buat adalah dengan menjalankan perintah
alias
Maka secara otomatis akan menampilkan seluruh alias yang sudah pernah dibuat.
Bagaimana? apakah dengan adanya "alias" ini sangat membantu anda dalam bekerja dengan terminal LINUX?. Tunggu tutorial-tutorial lainnya di blog ini.
Disqus Comments